Dec 18, 2012

KETERAMPILAN INTERPRETASI SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN TERHADAP GAMBAR DAN BAGAN PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berjudul “Keterampilan Interpretasi Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan terhadap Gambar dan Bagan pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia“. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai keterampilan siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI IPA dalam melakukan interpretasi terhadap gambar dan bagan pada konsep sistem reproduksi manusia. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri  Kelas XI IPA 4 Semester 2 dengan jumlah 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. 

Instrumen penelitian berupa tes keterampilan interpretasi berbentuk uraian yang disajikan dalam bentuk gambar dan bagan serta angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan interpretasi siswa laki-laki dan siswa perempuan. Keterampilan interpretasi siswa laki-laki termasuk kategori cukup (61,48%) sedangkan siswa perempuan termasuk kategori kurang (55,56%), serta penguasaan tiap indikator keterampilan interpretasi yang terdiri dari keterampilan menghubungkan hasil pengamatan termasuk kategori baik (80%) untuk siswa laki-laki sedangkan siswa perempuan termasuk kategori cukup (60%), keterampilan menemukan pola dari suatu seri pengamatan termasuk kategori kurang (58,75%) untuk siswa laki-laki sedangkan siswa perempuan termasuk kategori cukup (62,08%) dan keterampilan menyimpulkan hasil pengamatan, baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan termasuk kategori kurang sekali dengan persentase masing-masing sebesar 52,78% dan 43,89%.


Download Daftar Isi
Download BAB 1
Download BAB 2
Download BAB 3
Download BAB 4
Download BAB 5
Download Daftar Pustaka