Dec 20, 2012

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RESTORAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Kelapa Lagoon jl.Sumatra Kota Bandung.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode verifikatif dengan tekhnik Systematic Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 100 pengunjung restoran Kelapa Lagoon. Analisis data dalam penelitian ini regresi linier ganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kualitas produk berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen,sedangkan harga dan kualitas pelayanan secara bersama- sama berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen adalah 32,4% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor- faktor lain. Variable kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang paling besar dibandingkan dengan variable harga, yaitu sebesar 52,4% sedangkan untuk variable harga sebesar 41,7%

Untuk itu perlu diperhatikan dari segi harga yang ditawarkan harus lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan restoran lain sesuai dengan manfaatnya, maka akan membuat tamu merasa puas dan loyal kepada perusahaan. Untuk meningkatkan konsumen agar tetap puas terhadap perusahaan perlu diadakan program promosi untuk masyarakat luas dan sering diadakan event atau acara yang dilakukan oleh Restoran Kelapa Lagoon, mengadakan potongan harga (discount)  ataupun special price pada produk-produk tertentu dengan tidak mengurangi kualitas dan manfaat baik dari segi kualitas pelayanan maupun harga yang sesuai dengan manfaat yang diterima konsumen yang akan meningkatkan kepuasan konsumen kepada perusahaan.          

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen


Sebelum Download Baca Cara Download